Makan Sereal Saja Tidak Penuhi Nutrisi Tubuh


Saat memulai pagi hari, tidak sedikit orang hanya mengonsumsi makanan yang dinilai ringan dengan memakan Sereal sebagai menu Sarapan.

Kebiasan tersebut biasanya dilakukan orang-orang guna mengurangi asupan karbohidrat berlebih dari nasi dan lain sebagainya, sehingga mereka selalu menghindari nasi sebagai menu Sarapan.

Mengingat Nutrisi lengkap dibutuhkan oleh setiap orang saat memulai harinya, apakah baik saat seseorang terus menerus mengonsumsi Sereal sebagai menu Sarapan? Dokter gizi, Dr. Diana F. Suganda, MKes, Sp.GK, memberikan jawabannya dalam acara Royco Pogram Nutrimenu di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Selasa (28/1).

"Sereal itu ada banyak, ada orang konsumsi Sereal pakai oatmeal, ada yg tinggal buka kemasan langsung aduk pakai air panas. Kalau minuman serbuk yang sudah jadi, itu lain arti. Gandum-ganduman, itu ada karbonya jadi boleh. Tinggal kasih susu, yogurt, nanti ceplokin telur lagi, bikin jus buah lagi," bukanya.

dr. Diana mengatakan bahwa jangan mengonsumsi Sereal hanya dengan air putih, karena hal itu sama seperti mengonsumsi nasi saja, full karbohidrat.

Saat seseorang mengonsumsi Sereal, mereka perlu tahu apa saja kandungannya, jika kandungan gizi dirasa kurang perlu ditambahkan pelengkap seperti telur, ayam, maupun tahu dan lain sebagainya untuk asupan protein.

"Sekarang balik lagi komposisinya apa sih, tambahin lagi kalau tidak seimbang. Kalau Sereal coklat aja, itu cuma karbo dan gula. Gizi tidak seimbang dicek lagi apakah sudah seimbang antara karbo dengan protein, karena kalau kurang karbo bisa ngantuk dan cranky, kalau anak ga suka sayur buah bisa sembelit dan kurang serat," tambahnya.

Untuk melengkapi kesimbangan gizi saat mengonsumsi Sereal sebagai menu Sarapan, Kamu juga bisa menambahkan buah-buahan, susu full krim dan bahan-bahan bernutrisi lainnya.

Selain itu dr. Diana juga menyuruh untuk mengecek juga kandungan kalori agar tidak kelebihan maupun kekurangan kalori sehingga menghasilkan kalori yang ideal untuk tubuh perharinya, yakni sekitar 1.500-2.500 kalori.

No comments for "Makan Sereal Saja Tidak Penuhi Nutrisi Tubuh"