Kata Dokter, Ibu Hamil Wajib Penuh Nutrisi Tubuh


Kualitas kesehatan dan gizi Ibu sebelum dan selama Kehamilan memang sangat penting diperhatikan.Tapi sayangnya, masih banyak sepertinya yang merasa kesulitan untuk menjaga kualitas kesehatan dan khususnya pemenuhan gizi selama Kehamilan.

Hal tersebut dibuktikan Riset Kesehatan Dasar Kemenkes 2018, sebanyak 48,9 persen Ibu hamil di Indonesia mengalami anemia. Satu dari lima Ibu hamil tercatat mengalami kekurangan energi kronis.

Tak hanya itu, sekitar satu dari dua Ibu hamil mengalami kekurangan asupan protein. Lebih dari 50 persen Ibu hamil mengalami kekurangan asupan zat besi, zinc, kalsium, serta vitamin A dan C.

Dr. dr. Ali Sungkar, Sp.OG (K) mengatakan, kekurangan Nutrisi, gangguan saat Kehamilan yang tidak ditangani dengan baik, berpotensi memiliki pengaruh terhadap Janin.Seperti perkembangan Janin tidak sempurna, berat Janin kurang, kelainan prematur, maupun Bayi berat badan lahir rendah.

"Salah satu cara penting penanganan Kehamilan risiko tinggi adalah dengan memenuhi kebutuhan Nutrisi makro, dan mikro yang bervariasi," katanya kepada AkuratHealth, saat acara Bicara Gizi Menghadapi Kehamilan Risiko Tinggi dari Danone Indonesia, Jakarta Selatan, Selasa (17/9).

Menurutnya, Ibu perlu memastikan makanannya mengandung zat-zat gizi penting seperti protein, karbohidrat, lemak, kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin D, vitamin B12, asam folat, dan iodine.

Asupan Nutrisi yang baik pada masa Kehamilan akan bermanfaat bagi si kecil secara jangka panjang. Dimana hal tersebut bisa sampai berpengaruh menurunkan risiko sejumlah penyakit kronis di masa dewasa anak, seperti hipertensi, diabetes, jantung, dan berbagai penyakit lainnya.

Dokter Ali juga menegaskan, perhatikan Nutrisi juga bukan hanya penting bagi anak, namun juga ibunya. Dengan kondisi Nutrisi yang baik, tentunya dapat membantu menekan angka kematian Ibu di Indonesia yang sangat tinggi.

No comments for "Kata Dokter, Ibu Hamil Wajib Penuh Nutrisi Tubuh"