Akibat Kurangnya Perhatian dari Keluarga, Lansia bisa Alami Malnutrisi


Malnutrisi merupakan ketidakseimbangan antara asupan gizi dengan kebutuhan energi tubuh untuk mendukung pertumbuhan, pemeliharaan dan fungsi kerja spesifik tubuh yang sehat.

Gangguan kesehatan ini tidak hanya terjadi pada anak, tapi juga pada Lansia.

Tapi ketika terjadi pada Lansia, ini beresiko sangat besar bisa terjadi infeksi, penurunan kekebalan tubuh, menurunkan kemampuan penyembuhan luka hingga sarkopenia (hilangnya massa otot).

Kata Dr. dr. Purwita Wijaya Laksmi, Sp.PD-KGer, di Indonesia masih banyak Lansia yang mengalami ketidakcukupan gizi (Malnutrisi) ini. Padahal, asupan gizi yang seimbang sangat penting untuk membantu mereka agar tetap sehat.

Lebih lanjut, Lansia yang mengalami Malnutrisi diakibatkan oleh tiga faktor yaitu fisik berupa kesehatan gigi yang buruk, hilang nafsu makan hingga kesulitan menelan.

"Faktor lainnya yaitu medis berupa adanya riwayat penyakit, demensia ataupun bisa saja sampai Depresi," katanya kepada AkuratHealth di 'Peluncuran Nestle Boost' di Menteng, Jakarta Pusat, Senin, (11/11).

Ia menambahkan, adapun faktor lainnya yaitu adanya faktor sosial karena Lansia hidup sendiri. Ia kerap merasa Kesepian, berkurangnya mobilitas dan isolasi sosial. Hal ini dikaitkan dengan faktor keluarga yang ternyata juga dapat menyebabkan Malnutrisi.

"Rasa Kesepian ini bisa juga menjadi penyebab terjadinya Malnutrisi pada Lansia. Karena, keluarga memiliki peran penting untuk membantu mereka menjaga keseimbangan kondisi mental dan fisik serta sosial," tambahnya.

Maka ia menyarankan peran keluarga bisa saling memberikan perhatian dan mulai mengenali, mengamati asupan nutrisinya agar tercukupi.

"Keluarga juga perlu menyemangati Lansia untuk terus menghidupkan mimpi mereka yang belum tertunda, termasuk mencoba aktivitas baru atau menekuni hobi mereka. Kemudian juga memberikan bantuan efek psikologis misalnya hanya menemani ia makan bersama saja itu salah satu aktivitas sosial," tukasnya.

No comments for "Akibat Kurangnya Perhatian dari Keluarga, Lansia bisa Alami Malnutrisi"